Aceh Tengah




Takengon, Aceh Tengah merupakan dataran tinggi Gayo dengan ketinggian 300 - 2600 m diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata 18°-24° C. Tanoh Gayo terletak pada 4°10"-4°58" LU dan 96°18"–96°22" BT.

Kota dingin Takengon memiliki objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, diantaranya Danau Laut Tawar yang menjadi pilihan utama. Di sekitar Danau Laut Tawar terdapat objek wisata diantaranya Pante Menye yang berlokasi di Pantai Timur Danau Laut Tawar lebih tepatnya di Kecamatan Bintang. Pantai yang alami dengan pemandangan sunset yang indah seperti yang di katakan pengunjung yang berasal dari Jakarta "Takengon sangat alami dengan alamnya yang indah yang gak kalahnya dengan Bali". Pilihan kedua setelah Pante Menye yaitu ujung Paking.

Ujung Paking terletak tidak jauh dari Pante Menye sekitar 20 menit lagi untuk menuju kesana. Ujung Paking ialah objek wisata yang memiliki taman yang tersusun dengan seni yang indah. Ujung Paking juga memiliki penginapan jika anda tertarik menikmati Danau Laut Tawar di malam hari dengan lampu kedap-kedip di tengah laut yang oleh para nelayan setempat mencari ikan dimalam hari.Untuk masuk kesana anda dapat membeli tiket dengan harga yang terjangkau.

Objek wisata ketiga anda dapat menuju bukit sebelah barat Kota Takengon, disana terdapat puncak bukit yang disebut "Pantan Terong" Pantan Terong memiliki Vila yang memiliki lokasi yang strategis untuk melihat kota Takengon, Danau Laut Tawar serta lapangan pacuan kuda Pegasing yang bundar.



Pemandangan Pantan Terong yang begitu indah dengan udara dingin yang menusuk tulang, terkadang kita akan di selimuti awan putih jika berada disana, Pantan Terong merupakan pilihan yang baik untuk berwisata.

Pemandangan dari Pantan Terong